Cara untuk Menjadi Lebih Kreatif

Dua Puluh Satu Cara untuk Menjadi Lebih Kreatif

1 – Berhenti menonton televisi
Atau lebih baik lagi, jauhi TV sama sekali. TV adalah pembunuh pikiran. TV membekukanmu. TV memenuhimu dengan gambar-gambar emosional dan solusi yang terlalu disederhanakan. TV membuatmu jenuh. Matikan TV. Bahkan meskipun kamu masih meragukan ide ini, matikan saja.

2 – Sempatkan untuk berjalan kaki 20 menit setiap hari
Kamu sudah biasa latihan kebugaran? Pergi ke gym. Lari pagi. Sepertinya 20 menit berjalan kaki tidak produktif atau cukup berarti ya? Tapi cobalah untuk berjalan selama 20 menit dan nikmati dunia apa adanya. Perhatikan sekeliling, pada hal-hal di sekitarmu. Aktifkan indra penciumanmu, cobalah mengendus bebauan secara sadar. Perhatikan burung-burung. Biarkan dunia ini terbuka dan menunjukkan dirinya padamu.

3 – Menulislah menggunakan pena dan kertas (atau pensil dan kertas)
Buatlah sebuah jurnal. Setiap pagi tuliskan sesuatu. Suara pena saat menggores kertas bagi saya terasa menyenangkan. Saya juga suka kalau kertasnya tipis sehingga tekanan pena saya membuat galur-galur timbul yang teraba seperti huruf Braille. Selain itu suara kertas dibalik menghasilkan suara tajam yang mengasyikkan juga.

4 – Ciptakan sebuah lagu untuk binatang peliharaanmu
Di sebuah acara retret, ada sekelompok wanita yang duduk di lantai kemudian bergantian mereka menyanyikan lagu yang dibuat khusus untuk hewan peliharaan mereka yang terdiri dari berbagai jenis binatang. It was histerycal. Semakin lama semakin banyak yang ikut bergabung.
Di antaranya ada lagu yang berjudul “Mom’s Little Girl”, “She Is Going to Be a Very Clean Girl” (lagu khusus waktu mandi), “She Is Unbelievable Cute”, dan “Good Morning Song”. Saya sering terbahak-bahak sendiri waktu saya mengarang lagu ini karena kontras dengan ekspresi hewan piaraan saya yang tidak terkesan sama sekali.

5 – Menarilah sekeliling rumah
Setel sebuah lagu disko, atau Madonna, atau swing. Pasang volume dengan keras. Menarilah waktu kamu menyiapkan makan malam. Atau boleh juga memulai harimu dengan hentakan groovy.

6 – Berjalan-jalanlah ketika hujan
I love rain! Cobalah berjalan dalam hujan. Selama 10 tahun saya tidak punya payung. Suasana yang kamu rasakan saat berhujan-hujan itu suatu saat bisa jadi inspirasi puitis waktu menulis buku atau menulis lagu, “It was all just rain and mud and wild and green.”
Walking in the rain can be a happy thing. Kamu boleh memakai payung kalau mau. Hujan yang menimpa payung menghasilkan suara yang menyenangkan juga.

7 – Membuat kliping
Gunting sesuatu yang menarik dari majalah. Gunakan crayon, pensil warna, dan stiker. Tugas kliping yang harus kamu lakukan di masa-masa sekolah dulu mungkin sekarang akan terasa lebih fun. Tidak perlu harus menetapkan tema. Ini hanya untuk bersenang-senang dan menciptakan sesuatu.

8 – Buatlah sebuah daftar berisi hal-hal yang kamu suka
Ternyata asik juga waktu saya mulai memikirkan hal-hal apa yang bisa membuat saya senang. Menemukan uang di saku baju atau di tas yang sudah lama tidak dipakai, suara kibaran bendera tertiup angin, wangi tanah sehabis hujan, mendekap tubuh hangat bayi yang masih mungil, menonton hujan dari teras rumah. Saya ingat waktu saya membacakan daftar tsb untuk teman saya, dan dia tersenyum serta menganggukkan kepalanya. Walaupun kejadian itu sudah berlalu beberapa tahun, saya masih ingat betapa mengasyikkan membuat daftar tsb.

9 – Tulisi 10 buah postcard
Belilah beberapa postcard yang benar-benar cool, lalu pergi ke sebuah kafe, pesan secangkir Earl Grey Tea atau Latte, dan mulailah menulisi postcard-postcard tsb untuk dikirimkan kepada teman-teman atau keluarga.

10 – Bangun pagi dan lihatlah matahari terbit
Cukup jelas kan? :)

11 – Dengarkan jenis musik yang belum pernah kamu dengar sebelumnya
Kamu tidak akan kesulitan mencari musik yang tidak terlalu umum untuk kamu coba. Ada musik Latin, musik klasik, musik Afrika, musik India, irama padang pasir, dst. Atau kalau kamu selama ini tidak pernah suka dengan musik rock, cobalah kali ini. Atau musik jazz. Dangdut. Keroncong. Apapun.

12 – Makan dengan tangan
Simpan sejenak peralatan makan perakmu dan kembali menjadi anak kecil. Undanglah beberapa teman untuk pesta makan malam ‘primitif’.

13 – Be quiet
Nyalakan lilin setelah hari gelap, lalu duduk. Tidak perlu bermeditasi kalau kamu tidak bisa atau tidak menginginkannya. Cukup duduk tenang dan dengarkan. Perhatikan saja nyala lilinnya. Ijinkan dirimu untuk meresapi lebih banyak keheningan dalam hidupmu.
Kita adalah orang-orang yang selalu bersuara. Ada yang berkata mereka tidak bisa tahan berdiam diri. Padahal dalam keheninganlah kita bisa mendengarkan kreativitas kita berbicara. Mungkin tidak langsung. Tapi percayalah, itu akan terjadi.
Menyetirlah tanpa menyetel tape atau radio. Siapkan makan malam dalam hening. Konsentrasi pada tanganmu waktu kamu memotong-motong sayuran. Just be quite.

14 – Tidur siang

15 – Take photos. Memotret menggunakan kamera film manual, bukan kamera digital
Kamera favorit saya adalah Pentax K1000. Menggunakan kamera manual memaksa saya untuk benar-benar belajar cara mengambil foto. Meskipun saya tidak terlalu ahli. Saya biasa berkeliling kota pada hari Minggu dan memotret bangunan-bangunan (yang kebanyakan tutup pada hari Minggu). Setelah beberapa tahun, foto-foto tsb jadi berharga karena semua bangunan itu sekarang sudah berubah, entah itu catnya, arsitekturnya, atau lingkungannya.
Memotretlah tentang apa saja. Dan bersenang-senanglah dengan metode lama untuk menunggu bagaimana hasil fotomu terlihat.

16 – Rencanakan dengan sengaja untuk menyaksikan kemunculan bulan purnama
Salah satu hal yang saya cintai dari suami saya adalah dia selalu mencari tempat yang sempurna untuk menyaksikan bulan purnama. Kami mengendarai mobil dan pergi ke sebuah lapangan atau duduk di salah satu bangku di sebuah kampus, menonton bulan purnama.

17 – Bacalah puisi dengan suara keras
Puisi memang ditakdirkan untuk dibaca keras-keras. Kata-kata dan frasenya akan menggelitik otakmu dan membuka pintu-pintu yang tidak kamu sangka akan bisa terbuka. Saya yakin ada banyak koleksi puisi yang bisa kamu pilih. Favorit saya di antaranya Mary Olivere.e. cummingsRumiPablo NerudaSharon Olds,Barbara Brooks, dan Alicia Suskin Ostriker. Atau belilah kumpulan puisi seperti collections of poetry.

18 – Pergilah menonton sebuah acara live music, atau live apapun
Live performance seringkali melibatkan penonton. Dan setiap malam selalu berbeda. Segalanya adalah tentang penonton. Kamu akan menerima banyak energi dari sebuah live show. Pergilah menonton sebuah simponi musik, bahkan yang kecil sekalipun. Ada banyak aspek life yang terjadi di atas panggung, sangat banyak momen improvisasi dan otentisitas
.
19 – Mengunjungi galeri
Lihatlah kreativitas dari artis-artis lain. Kamu tidak harus membeli apapun, cukup membuka matamu atas karya kreatif dan bakat mereka, entah itu sesuatu yang diukir di kayu, keramik, gelas, atau lukisan.

20 – Menulis surat
Kapan terakhir kali kamu menulis surat? Bukan e-mail, tapi betul-betul surat yang ditulis dengan pena di atas kertas. Setiap kali menulis surat, pikiran saya terasa lebih jernih dan saya lebih bahagia. Selain menyenangkan untuk membuat sesuatu bagi orang lain, menulis surat juga merupakan salah satu cara untuk ‘mengeluarkan’ dirimu.

21 – Berhenti menonton televisi
Yep! Ini penting! Karena itu perlu diulang. Ada banyak hal lain yang lebih baik yang bisa kamu lakukan daripada menonton American Idol.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUOTE NARUTO

Belajar dari Israel

Hakikat Seorang Guru